ZaKat

BuLan RamaDHan ini, kita pasti jadi inget zakat

Salah satu kewajiban umat islam yang ada di list rukun islam (No 3 klo g salah,hehe)

2 minggu yang lalu, gw jalan2 ke Mall di bekasi, di situ ada standnya rumah zakat...gw ambil aja brosurnya

eh..ada nama zakat yang baru gw liat, namanya zakat profesi. Waktu kena wajib blajar 12 taun...gw g pernah belajar zakat tipe ini euy...ya sudah, akhirnya....gw jadi penasaran buat cari2 informasi tentang macam-macam zakat buat nge refresh ingetan gw. Jangan-jangan....ada zakat yg mestinya gw bayar tapi gw g tau lagi...


Yang pertama...

Zakat Fitrah

ini tipe zakat yang paling terkenal dan pasti lo pade tau. Saban bulan puasa pasti d tagihin sama pihak sekolah ney...^^ (muantab g gaya betawi gw???)


Dari Ibnu Umar ra berkata :

“Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha' kurma atau gandum pada budak, orang merdeka, lelaki perempuan, anak kecil dan orang dewasa dari ummat Islam dan memerintahkan untuk membayarnya sebelum mereka keluar untuk sholat ('iid ). ( Mutafaq alaih ).

Besarnya zakat fitrah menurut ukuran sekarang adalah 2,176 kg. Sedangkan makanan yang wajib dikeluarkan yang disebut nash hadits yaitu tepung, terigu, kurma, gandum, zahib (anggur) dan aqith (semacam keju). Untuk daerah yang makanan pokoknya selain 5 makanan di atas, mazhab Maliki dan Syafi'i membolehkan membayar zakat dengan makanan pokok yang lain. Menurut mazhab hanafi pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan membayar- kan harganya dari makanan pokok yang di makan.

Pembayaran zakat menurut jumhur 'ulama :

1. Waktu wajib membayar zakat fitrah yaitu ditandai dengan tenggelamnya matahari di akhir bulan Ramadhan

2. Membolehkan mendahulukan pembayaran zakat fitrah di awal.

(www.pkpu.or.id)


zakat yang lain.....menyusul yaaa



0 komentar: